Polres Jember Larang Masyarakat Menyalakan Petasan

IMG_20190503_132001 Polres jember dengan tegas melarang warga menyalakan petasan. Jika tetap masih ada yang nekat pihaknya tidak akan segan-segan menindak tegas pembuat maupun pembeli petasan.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menjelaskan, meski sudah jelas ada undang-undang yang melarangnya, namun budaya menyalakan petasan atau mercon selama bulan Ramadan masih sering dilakukan. Selain mengganggu orang lain, petasan juga dapat berbahaya terhadap pembuat maupun yang menyalakan.

Untuk itu lanjut Kusworo, untuk menjaga kenyamanan selama melaksanakan ibadah puasa, pihaknya dengan tegas melarang mayarakat menyalakan petasan, termasuk kembang api yang memiliki unsur daya ledak. Kusworo mengaku sudah memerintahkan anggota di bawahnya termasuk Kapolsek seluruh Kabupaten Jember, untuk menindak tegas terhadap orang yang masih nekat membuat, menyimpan dan menggunakan petasan.

Meski memang budaya petasan sulit ditinggalkan masyarakat, kusworo melarang siapaun maupun ormas apapun untuk melakukan sweeping secara ilegal. Sebab pihaknya sudah menjadwalkan kegiatan untuk melakukan razia terhadap toko-toko yang, untuk memastikan tidak ada yang nekat menjual belikan petasan.

(662 views)