KPU Gelar Lomba Selfie Backround TPS

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 17 April mendatang, KPU Kabupaten Jember menggelar lomba selfie dengan background TPS, berhadian jutaan rupiah. Lomba ini boleh diikuti oleh siapapun termasuk pertugas TPS.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi, hampir seluruh masyarakat khususnya generasi muda yang merupakan pemilih pemula, sudah menggunakan smartphone dan aktif di media sosial. Mengingat jumlah pemilih pemula cukup besar, KPU mencoba meningkatkan partisipasi masyarakat, dengan menggelar lomba selfie berhadian jutaan rupiah.

Lomba selfie yang boleh diikuti oleh seluruh masyarakat berusia di atas 17 tahun ini, juga terbuka untuk para saksi, pengawas TPS maupun petugas KPPS. Lomba selfie hanya digelar selama 1 hari yakni pada hari H pencoblosan, dan maksimal didaftarkan sebagai peserta lomba paling lambat tanggal 17 April jam 24.00, dengan cara upload di instagram ataupun facebook.

Meski mungkin antusias masyarakat untuk mengikuti lomba ini cukup tinggi, Hanafi berharap ketika akan mengambil foto, masyarakat diminta juga memperhatikan aturan dan tata tertib TPS yang berlaku. Dengan lomba ini Hanafi berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilpres lalu sebesar 68 persen, dapat meningkat minimal 75 persen pada pemilu kali ini.

(440 views)