Sidang Gugatan Gunung Sadeng Digelar Pekan Depan

CAD-FTA-PABRIK-SEMEN-YG-DITENTANG-WARGA-2Gunung Sadeng (foto: radarjember.jawapos.com)

Sidang perdana gugatan masyarakat atas dugaan belum ditetapkannya biaya sewa lahan Tambang Kapur Gunung Sadeng, akan digelar hari selasa 12 maret mendatang. Demikian disampaikan Sulam Ridwan selaku salah satu penggugat.

Sulam menilai. Pemkab telah melakukan pembiaran, dengan tidak membebankan biaya sewa lahan kepada pengusaha tambang. Padahal aturan terkait biaya sewa sudah ada sejak tahun 2014 lalu. Karena itulah sulam bersama seorang rekannya mewakili masyarakat, mengajukan gugatan Citizen Lawsuit melalui Pengadilan Negeri Jember.

Akibatnya sejak 5 tahun lalu belum pernah ada kontribusi yang masuk ke kas daerah dari gunung sadeng. Jika dihitung menurut sulam, ada potensi kerugian negara mencapai trilyunan rupiah. Ini jelas merugikan masyarakat, karena seharusnya dana tersebut bisa dipakai untuk kepentingan rakyat.

Diberitakan sebelumnya 2 orang perwakilan masyarakat, mendaftarkan gugatan Citizen Lawsuit ke Pengadilan Negeri Jember, atas dugaan belum diterapkannya sewa lahan tambang kapur di Gunung Sadeng, oleh pemerintah daerah. Padahal aturan sewa lahan sudah ada sejak tahun 2014 lalu.

(305 views)