Potensi Bencana Alam di Jember Masih Cukup Tinggi

 Seiiring tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir, Pengamat Kebencanaan Joko Mulyono menilai, potensi terjadinya bencana alam di Kabupaten Jember masih cukup tinggi, khususnya untuk bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung.

Joko menjelaskan, sebenarnya gumuk merupakan sarana penting yang dapat bermanfaat untuk pemecah angin secara alami. Sayangnya saat ini gumuk di Kabupaten Jember sudah hampir habis. Itulah salah satu penyebab kenapa akhir-akhir ini Jember sering diterjang puting beliung.

Seringnya terjadi puting beliung di beberapa wilayah, arusnya bisa menjadi perhatian bagi pemerintah daerah. Karena puting beliung meruoakan bencana yang berlangsung sangat cepat dan sulit diprediksi.  Joko berpendapat harus segera di pasang Early Warning System atau EWS, di daerah-daerah rawan.

Selain puting beliung lanjut Joko, banjir dan tanah longsor juga perlu di waspadai, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan lereng gunung. Sebab hujan dengan intensitas tinggi di prediksi masih akan terus terjadi hingga bulan Maret dan April mendatang.

(304 views)