4 TPS Terdekat Akan Melayani Pemilih di Rumah Sakit

Karena keterbatasan Petugas KPPS, penambahan durasi waktu pemungutan suara di rumah sakit oleh TPS Mobile tidak memungkinkan. Sehingga solusinya KPU yang biasanya hanya mengerahkan 1 TPS terdekat, pemilu kali ini akan mengerahkan setidaknya 4 TPS terdekat untuk masuk ke rumah sakit.

Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi menjelaskan, untuk TPS keliling yang masuk ke rumah sakit untuk melayani pasien dan keluarganya yang pindah memilih, secara tehnis masih sama seperti sebelumnya yakni 1 jam sebelum pemungutan suara ditutup.

Hanya saja jika sebelumnya jumlah TPS yang masuk ke rumah sakit hanya 1 yang terdekat, kali ini akan ditambah setidaknya 4 TPS terdekat. Hal Ini dilakukan mengingat jumlah pegawai, pasien dan keluarganya yang afa di rumah sakit cukup banyak. Sehingga diharapkan dengan durasi waktu 1 jam, seluruh pemilih di rumah sakit dapat terlayani.

Sebelumnya direktur RSD Soebandi Jember Hendro Sulistijo, mengaku memerintahkan seluruh perawat untuk membantu melakukan sosialisasi kepada pasien dan keluarganya, agar mengurus surat pindah memilih atau Form A5 jika ingin menyalurkan hak pilihnya di rumah sakit.

Namun Hendro juga berharap KPU memberikan durasi waktu yang panjang, mengingat jumlah ruangan dan pasien khususnya di RSD Soebandi Jember cukup banyak. Saat ini jumlah ruang perawatan di RSD subandi 425 ruangan, yang tidak mungkin bisa terlayani semuanya hanya dengan durasi waktu 1 jam.

(247 views)