BKSDA Jember Kembali Amankan Dua Ekor Buaya Muara

fakta-buaya-muarailustrasi

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam BKSDA Wilayah III Jember, Kamis sore kembali menerima penyerahan dua ekor buaya muara dari dua tempat yang berbeda. Buaya tersebut memang sengaja diserahkan oleh warga kepada BKSDA, karena memahami bahwa binatang tersebut termasuk kategori hewan dilindungi.

Menurut Pengendali Ekosistem Hutan Muda BKSDA Wilayah 3 Jember Warsono, dua ekor buaya yang diamankan kali ini, didapatkan dari warga di dua lokasi, yakni Jember dan Bondowoso. untuk yang di Bondowoso yang ditemukan warga di sungai di Desa Pakuniran ukurannya mencapai 1,5 meter, dan usianya diperkirakan 2 hingga 3 tahun. Buaya tersebut ditemukan di tempat bukan habitat aslinya, diduga karena terbawa arus sungai saat hujan deras Rabu lalu.

Sementara satu ekor buaya lainnya yang diperkirakan berumur 4 bulan, didapat dari seorang arga Jalan Letjen Panjaitan, Kecamatan Sumbersari. Hingga saat ini, buaya masih berberada di kantor BKSDA wilayah iii jember, dan secepatnya dibawa ke untuk ditangkarkan dan dititipkan di tempat penangkaran hewan di Kota Batu, Malang.

(271 views)