SMA, SMK dan MA yang Melaksanakan UNBK Mandiri Tahun Ini Meningkat 

SMA, SMK dan MA yang tahun ini sudah mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK secara mandiri, lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Demikian disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Jember, Lutfi Isa Anshori.

Lutfi merinci, tahun 2018 lalu tercatat ada 6 SMA, 43 SMK dan 11 MA yang masih harus bergabung dengan sekolah lain, karena belum mampu melaksanakan UNBK mandiri. Namun ternyata untuk tahun ini hanya tinggal 1 SMA, 31 SMK dan 4 MA yang masih harus bergabung.

Sekolah-sekolah yang masih belum mampu melaksanakan UNBK mandiri tersebut lanjut Lutfi, lebih disebabkan faktor tehnis dan kondisi sekolah yang tidak memungkinkan. Di antaranya keterbatasan komputer dan belum masuknya jaringan internet.

Lebih jauh Lutfi menjelaskan, memang ada beberapa sekolah yang menyatakan diri siap melaksanakan UNBK mandiri, namun ketika diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi, ternyata komputer yang dimiliki tidak sesuai spek. Sehingga sekolah tersebut diminta tetap bergabung dengan sekolah lain, agar pelaksanaan unbk berjalan lancar,, lutfi berharap tahun 2020 mendatang seluruh SMA, SMK dan MA di Jember seluruhnya sudah bisa melaksanakan UNBK mandiri.

(241 views)