Polres Jember Amankan Sabu dan Puluhan Ribu Obat Keras yang Dikemas Obat Pega Linu Merk Kecetit

Dalam sebulan Polres Jember berhasil menyita sejumlah clip sabu, dan ratusan ribu obat keras berbahaya dari 13 orang tersangka. Dari 13 tersangka seorang diantaranya berinisial GN warga Kaliwates dengan sengaja meracik obat keras berbahaya menjadi kemasan obat pegal linu merk kecetit.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wubowo, dari hasil operasi yang dilakukan sejak tanggal 1 hingga 25 Januari 2019, Sat Reskoba Polres Jember berhasil mengamankan 13 orang tersangka penyalahgunaan narkoba jenis sabu dan obat keras berbahaya, yang terdiri atas kuli bangunan, juga ada tukang parkir dan mahasiswa.

Selain mengamankan ratusan 2 gram sabu berserta alat hisapnya, 10 gram ganja, dan 240 ribu obat keras berbahaya jenis trex dan destro. Dari tangan tersangkaberinisial GN warga Kaliwates, polisi berhasil menyita barang bukti berupa puluhan ribu obat keras berupa Paracetamol, CTM dan Dexanethason yang diracik ke dalam kemasan obat pegal linu merk kecetit. Obat kecetit ini sudah selama 6 diproduksi oleh tersangka, yang dijualnya dengan harga 60 ribu per renteng atau 20 bungkus.

Lebih lanjut kusworo menjelaskan, akibat perbuatannya tersangka penyalahgunaan obat keras berbahaya dijerat Pasal 197 undang-undang kesehatan dengan ancaman masksimal 15 tahun penjara. Sementara tersangka penyalahgunaan sabu dan ganja dijerat pasal 114 subsider Pasal 112  undang-undang narkotika, dengan ancaman minimal 5 tahun penjara, dan maksimal 20 tahun penjara.

(705 views)