Pencairan Anggaran Pasar Manggisan Kepada Pihak Lain Tidak Melnggar Aturan

Pencairan anggaran proyek fisik boleh diberikan kepada siapapun yang mendapat kuasa direktur rekanan pemenang lelang, meski nama penerima tidak tercantum dalam susunan direksi. Demikian disampaikan Kepala Disperindag Jember Anas Ma’ruf.

Anas menjelaskan, di akhir tahun 2018 lalu pihaknya mencairkan anggaran proyek rehab Pasar Manggisan, senilai 55 persen dari total anggaran sesuai prestasi kerja rekanan. Anas juga mengakui anggaran tersebut dicairkan kepada Muhammad Hadi Sakti, yang mengantongi surat kuasa dari Direktur PT.  Dita Putri Waranawa Agus Salim selaku pemenang lelang.

Pencairan anggaran proyek kepada orang lain yang ditunjuk. Oleh direktur rekanan pemenang lelang, menurut Anas diperbolehkan sesuai Perpres 54 Tahun 2010. Namun tentu saja harus ada surat kuasa yang di notariskan, untuk memastikan penerima benar-benar orang yang ditunjuk oleh rekanan pemenang lelang.

Diberitakan sebelumnya Legal Consultan Proyek Rehab Pasar Manggisan Tanggul Didik Muzani, selain menyarankan Disperindag memanggil rekanan pemenang lelang untuk melanjutkan pekerjaannya yang belum tuntas, juga mempertanyakan pencairan anggaran kepada pihak lain yang tidak masuk dalam struktur perusahaan.

(367 views)