Forum LLAJ Jember Minta PT Mataram Agung Segera Urus Andalalin

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atau LLAJ Jember, meminta PT Mataram Agung segera mengurus dokumen Analisisis Dampak Lalulintas atau Andalalin terkait bongkar muat semen holcim di Jalan Rambipuji-Balung, tepatnya di Desa Rowotamtu Rambipuji.

Menurut Kabid Lalin Dinas Perhubungan Jember Leon Lazuardi, aktivitas bongkar muat semen holcim yang dilakukan PT Mataram Agung selama ini banyak dikeluhkan pengguna jalan. Sebab kendaraan besar jenis kontainer sering diparkir di bahu jalan, dan rawan menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Karena itu Forum LLAJ Jember yang terdiri atas Satlantas Jember, Dishub Provinsi,  dan Dishub Jember sengaja mendatangi PT Mataram agung untuk memberikan pembinaan, agar secepatnya mengurus Andalalin. Sebab meski pihak perusahaan yang sudah beroperasi selama lima tahun dan berada di atas lahan sewa, tidak menggugurkan kewajiban menyusun dokumen Andalalin.

Sementara Kanit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli Satlantas Polres Jember Iptu Suyitno menjelaskan, pihaknya sudah memnyampaikan terkait sejumlah persayaratan administrasi pengurusan andalali kepada PT Mataram Agung. Dokumen Andalalin jika terbit nantinya akan digunakan untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi akibat aktivitas bongkar muat semen holcim, sehingga pihak terkait bisa menentukan kebijakan dengan mempertimbangkan kondisi lalu  lintas, jumlah dan lokasi akses, serta alternatif perbaikan lainnya.

Lebih lanjut Suyitno menjelaskan, pihaknya memberikan batas waktu selama 42 hari kepada PT Mataram Agung, untuk mengurus Andalalin. Jika hingga batas waktu yang ditentukan, pihak perusahaan belum juga mengurus andalalin Suyitno memastikan akan menindak tegas dengan memberikan sanksi tilang. Meski pihak perusahaan memiliki dokumen Andalalin, kendaraan parkir di bahu jalan tetap tidak dapat dibenarkan.

(1,155 views)