Ganti Plat Nomor Kendaraan di Luar Samsat Masuk Kategori Pelanggaran

IMG_20181221_090320_1

Kasat Lantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael meminta masyarakat mengganti nopol kendaraannya di tempat resmi saja, yakni di Kantor Bersama Samsat. Sebab membuat plat nomor kendaraan di luar Samsat masuk kategori pelanggaran lalu lintas.

Kepada sejumlah wartawan Edwin mengakui bahwa hingga saat ini masyarakat masih sering membuat plat nomor kendaraan di pinggir jalan, saat plat nomor kendaraannya hilang atau rusak. Padahal berdasarkan undang-undang lalu lintas, plat nomor yang tidak memiliki tanda dan cetakan dari kepolisian, masuk kategori pelanggaran.

Sehingga dengan alasan apapun, saat plat nomor kendaraan rusak atau hilang wajib mengurusnya di kantor Samsat. Meski demikian menurut Edwin pihaknya belum bisa melakukan penindakan hukum terhadap masyarakat yang menggunakan plat nomor kendaraan tidak standart, namun sementara akan diberi teguran dan himbauan.

Lebih lanjut Edwin menjelaskan, mekanisme pengurusan plat nomor kendaraan yang hilang sebenarnya cukup mudah. Yang bersangkutan hanya perlu membuat laporan kehilangan di kantor kepolisian terdekat, untuk dibawa sebagai persyaratan penerbitan plat nomor kendaraan yang hilang.

(812 views)