Terima Pengembalian Berkas Perkara OTT Pungli Adminduk Polisi Segera Konfrontir Keterangan Saksi

Setelah beberapa hari ditunngu, Jumat lalu akhirnya Kejaksaan Negeri Jember mengembalikan berkas perkara dugaan pungli adminduk ke Penyidik Tipikor Polres Jember atau P19. Dalam waktu dekat Tipikor Polres Jember akan langsung melakukam konfrontir terhadap keterangan sejumlah saksi.

Kasat Reskrim Polres Jember AKP Yadwivana Jumbo Qontasson menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukam oleh Kejari Jember, berkas perkara dugaan kasus adminduk dengan tersangka Kadispenduk berinisial Y dan warga sipil berinisial K, akhirnya dikembalikan ke penyidik Tipikor Polres Jember untuk dilengkapi. Sesuai petuntuk Jaksa, dalam minggu ini pihaknya akan melakukan konfrontir keterangan sejumlah saksi, yang dinilai memberikan keterangan yang berbeda.

Sayangnya saat ditanya siapa saja saksi yang bakal dikonfrontir, Jumbo belum memberikan keterangan secara rinci. Bahkan Jumbo juga belum bisa memastikan apakah nantinya akan ada tersangka baru dalam kasus dugaan adminduk ini atau tidak. Namun yang pasti lanjut Jumbo, dalam minggu ini berkas perkara dugaan pungli akan segera dilengkapi dan dikirimkan kembali ke Kejaksaan Negeri Jember.

Diberitakan sebelumnya, berkas perkara Operasi Tangkap Tangan pungli adminduk yang berada di Kejaksaan masih berstatus P-18, atau berkas dinyatakan belum lengkap. Sesuai KUHAP jaksa masih memiliki waktu maksimal hingga 7 hari kedepan, untuk memutuskan berkas tersebut dikembalikan atau sudah lengkap yang dilanjutkan pelimpahan tahap 2.

(338 views)