Walhi Desak Gubernur Jawa Timur Batalkan Rencana Tambang Emas Blok Silo

Aktivis Wahana Lingkungan Hidup atau Walhi Rere Christanto menilai, jika dibuka ekploitasi tambang di pesisir pantai selatan, dipastikan akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang mengancam kehidupan masyarakat.

Christanto menjelaskan, sepanjang pesisir pantai selatan memang dianugerahi kekayaan sumber daya mineral melimpah. Meski demikian potensi sumberdaya mineral tersebut terbentang di lokasi yang mestinya dilestarikan. Sehingga ketika dilakukan eksploitasi tambang seperti yang ditetapkan Menteri ESDM, bentang alam akan mengalami perubahan, yang tentunya dapat mengancam ekologi lingkungan.

Sebab untuk mengeruk hasil tambang tersebut lanjut Christanto, harus membongkar gugusan gunung dan hutan yang ada. Akibatnya gunung dan hutan sebagai serapan akan hilang, sehingga akan menimbulkan sejumlah bencana seperti banjir, longsor bahkan bencana kekeringan. Karena itu Christanto menilai tambang di pesisir pantai selatan lebih banyak mudlorotnya bagi masyarakat, dibandingkan dengan rupiah yang diperoleh.

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, Walhi dengan tegas menyatakan menolak tambang, dan mendesak Gubernur Jawa Timur mengurungkan niatnya, untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi tambang emas blok Silo. Bahkan Walhi akan terus memberikan advokasi kepada masyarakat, baik melalui jalur hukum maupun gerakan sosial.

(347 views)