Nasib Masih Tidak Jelas Ribuan GTT Demo Bupati

Ribuan GTT-PTT Kabupaten Jember, Senin pagi menggelar aksi unjuk rasa di depan Pendopo Bupati. Mereka menuntut Bupati segera terbitkan Surat Keputusan, agar GTT-PTT bisa segera mendapatkan hak-haknya.

Tidak sedikit GTT yang melakukan aksi hingga meneteskan air mata, karena pengabdian mereka selama belasan tahun hanya diberi honor 100 sampai 400 ribu rupiah perbulan. Tentu nilai tersebut masih jauh dari layak, apalagi sekarang sudah 11 bulan honor tersebut belum dicairkan.

Poniman, salah satu PTT di Kecamatan Sumbersari di hadapan pengunjuk rasa, mengaku sudah mengabdi 20 tahun di sekolahnya. Namun hingga saat ini honor yang diterimanya jauh dari kata layak, yakni sebesar 300 ribu rupiah. Untuk menutupi kebutuhan keluarga, Poniman terpaksa narik becak usai kerja di sekolah. Ponimin berharap bupati menunjukkan belas kasihnya, dengan memenuhi janji mensejahterakan GTT-PTT.

Muhammad Effand, GTT asal Kecamatan Ledokombo menyesalkan sikap Bupati Faida yang tak kunjung memenuhi janji politik untuk mensejahterakan GTT-PTT. Padahal Bupati sudah berkoar-koar akan meningkatkan honor GTT-PTT hingga 1,4 juta rupiah perbulan.

Namun, janji tersebut tidak pernah terealisasi. Nasib GTT-PTT justru diombang ambingkan oleh Pemkab Jember karena dimutasi ke sekolah yang jauh dari rumahnya.

(508 views)