Dispenduk Minta Warga Lapor Kehilangan Akte Kelahiran yang Belum Pernah Diterimanya

Posko pengaduan Forum Masyarakat Tertindas atau Format di depan Kantor Dispenduk, kembali menerima pengaduan dari masyarakat. Hari ini giliran warga Kencong yang sudah 4 kali mondar mandir mengurus akte kelahiran, tiba-tiba oleh petugas Dispenduk disuruh mengurus surat kehilangan akte yang belum pernah diterimanya.

Fathul Hidayat warga Desa Kraton Kencong menceritakan, sekitar tanggal 5  Agustus lalu dirinya mengurus akte kelahiran anaknya. Saat itu oleh Dispenduk dirinya hanya diberi tanda terima, yang di dalamnya menyebutkan bahwa akte kelahiran bisa diambil tanggal 5 September. Tetapi tanggal 5 September saat akan diambil, ternyata akte tersebut tidak ada.

Sejak saat itu dirinya diminta untuk menelusuri ke kecamatan dan desa oleh petuhas Dispenduk. Bahkan sudah 4 kali dirinya mondar-mandir dari Kencong ke Jember, ternyata belum juga ada kejelasan. Yang lebih aneh lagi, Rabu siang ketika ditanyakan lagi, petugas Dispenduk meminta dirinya mengurus surat kehilangan dulu ke Polsek Kencong. Tentu saja dirinya keberatan, karena diminta membuat laporan kehilangan akte yang belum pernah diterimanya.

Atas keanehan tersebut Fathul kemudian mengadukan persoalan ini ke Posko Pengaduan Format yang kebetulan ada di Depan Kantor Dispenduk. Mestinya jika Dispenduk yang menghilangkan, maka Dispenduklah yang harusnya membuat laporan kehilangan.

Sementara PLT Kadispenduk Sartini maupun Kasi Pernikahan, Perceraian Perubahan Status Anak dan Kewarganegaraan Dispenduk Capil Jember Amirullah, hingga berita ini diturunkan belum berhasil di konfirmasi. Ketika dihubungi telefon selularnya keduanya tidak diangkat.

(425 views)