Polres Akan Panggil Inspektorat Terkait OTT Pungli Dispenduk

Penyidik Polres Jember dalam waktu dekat akan meminta keterangan dari Inspektorat Pemkab Jember, terkait kasus OTT Dispenduk beberapa waktu lalu. Hal ini dilakukan untuk membuktikan benar tidaknya image masyarakat, yang menduga sulitnya pengurusan adminduk sengaja dilakukan secara sistemik.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menjelaskan, memang berkembang image di masyarakat, seolah-olah ruwetnya pengurusan adminduk ini sengaja dilakukan, agar masyarakat mengurus melalui oknum yang sudah dikondisikan sebelumnya dengan berbayar. Tetapi namanya image masyarakat tentu masih bersifat subyektif.

Penyidik sejauh ini belum bisa membuktikan dugaan masyarakat tersebut. Namun untuk memastikannya, penyidik harus meminta keterangan sejumlah pihak termasuk OPD Pemkab Jember, di antaranya pihak Inspektorat yang memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan.

Lebih jauh Kusworo menjelaskan, pada prinsipnya Polres Jember bersama Forkopimda sepakat, tindakan represif ini dilakukan semata-mata agar terjadi perbaikan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya dalam pengurusan adminduk.

(778 views)