KPU Jatim Gencar Sosialisasikan Gerakan Melindungi Hak Pilih

Komisi Pemilihan Umum Propvinsi Jawa Timur, terus gencar melakukan Gerakan Melindungi Hak Pilih atau GMHP, untuk memastikan seluruh masyarakat Jawa Timur yang telah memenuhi syarat, tidak kehilangan hak polihnya dalam pemilu 2019 mendatang.

Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro menyebutkan, GMHP ini merupakan arahan dari KPU RI, agar KPU di daerah melakukan pencermatan kembali, terhadap DPT yang sudah ditetapkan beberapa waktu lalu. Tujuannya tentu agar masyarakat yang sudah memenuhi syarat tidak kehilangan hak pilihnya.

Salah satu upaya yang dilanjutkan menurut Gogot, dengan membuka posko pengaduan di kantor desa atau kelurahan. Masyarakat yang sudah memenuhi syarat tetapi belum masuk dalam DPT, bisa langsung melapor melalui posko pengaduan.

Lebih jauh Gogot menerangkan, seluruh hasil temuan dari pencermatan tersebut, baik pemilih yang belum masuk DPT ataupun pemilih yang belum memenuhi syarat, nantinya akan di plenokan kembali oleh masing-masing KPU Kabupaten dan Kota, baru kemudian diteruskan ke KPU Provinsi dan KPU RI.

(296 views)