Penyelenggara Syariah Kemenag Jember Menjadi Korban Hoax

Merasa menjadi korban hoax dengan mencatumkan fotonya dalam meme yang menyebar di media sosial, Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Jember Mohammad Muslim melapor ke Bawaslu dan Polres Jember. Sebagai ASN yang menjunjung tinggi netralitas, Muslim merasa dirugikan dengan penyebaran meme tersebut.

Ketika dikonfirmasi melalui telefon selularnya muslim menjelaskan, ketika menjadi khotib Jumat lalu dirinya menyampaikan materi terkait perang melawan hoax. Ternyata Jumat malam justru dirinya sendiri yang menjadi korban hoax, dengan tersebarnya meme dengan foto dirinya yang dikaitkan dengan PA 212, mengajak untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Muslim merasa sangat dirugikan, pertama karena dirinya tidak ada afiliasi apapun dengan PA 212. Kedua, sebagai ASN dirinya menjunjung tinggi netralitas dengan tidak berpolitik praktis. Karena itu Sabtu malam dirinya langsung melapor ke Bawaslu, dan hari ini rencananya akan melapor ke Mapolres Jember.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Jember Imam Thobrony, membenarkan sudah menerima laporan dari Muslim. Jika dilihat sekilas lanjut Thobrony, meme hoax tersebut masuk kategori fitnah, sehingga masuk ranah pihak kepolisian untuk menindaklanjutinya. Meski demikian Thobrony akan melakukan kajian, apakah meme tersebut masuk kategori pelanggaran pemilu atau tidak.

(228 views)