Sejumlah Kementerian Fokus Cetak Wirausaha Muda

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan sejumah Kementerian yang melibatkan pemuda, kedapannya akan fokus dan serius membantu lahirnya pengusaha dari kalangan pemuda atau kaum milenial. Beberapa Kementerian bahkan menyiapkan anggaran khusus, untuk membantu mengembangkan usaha kreatif para pemuda.

Demikian yang disampaikan Staf Khusus Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bidang Media dan Komunikasi Publik, yang sekaligus sebagai Sekjen Himpunan Pengusaha Santri Indonesia Muhammad Nur Hayid atu Gus Hayid, dalam pertemuannya dengan seumlah tokoh dan kader NU, di Kantor PCNU Jember Jumat sore. Menurut Gus Hayid, menciptakan lapangan pekerjaaan sendiri bagi kaum milenial sebanarnya bukan hal yang sulit, asalkan ada kemauan keras.

Atas dasar itulah, Kemenakertrans bersama Kemernterian lainnya kedepannya akan fokus dan serius melakukan pembinaan, untuk menimbuhkan semangat berwirausaha bagi generasi milenial. Bahkan Gus Hayid mengaku, pihaknya mempersiapkan bantuan 15 juta untuk wirausaha muda perorangan, dan 100 juta untuk komunitas. Selain itu, melalui Kementerian lainnya juga digalakkan program pembinaan UMKM dan Kooperasi, serta dengan melibatkan sejumlah perusahaan swasta.

Lebih lanjut gus Hayid menjelaskan, meski di beberapa Kementerian telah menyiapkan dana bantuan khusus kepada para pengusaha muda, para pemuda diharapkan mampu membuat perencanaan bisnis dengan baik, dengan menentukan pelanggan, produksi barang, dan cara pendistribusiannya.

(240 views)