Pengadaan Alat Peraga Kampanye oleh KPU Terkendala Belum Cairnya Anggaran

Meski seluruh peserta pemilu sudah menyerahkan desain Alat Peraga Kampanye, sampai hari ini KPU Kabupaten Jember belum bisa melakukan pengadaan APK. Sebab anggaran dari KPU RI baru akan turun minggu pertama atau kedua bulan ini.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi, sesuai Ketentuan KPU akan memberikan Alat Peraga Kampanye kepada peserta pemilu, baik parpol, DPD maupun pasangan Capres Cawapres. Fasilitas APK tersebut berupa 10 baliho dan 16 spanduk di setiap desa.

Tetapi lanjut Hanafi, pihaknya belum bisa melakukan pengadaan APK saat ini karena anggarannya dari KPU RI belum turun. Berdasarkan informasi yang diterimanya, kemungkinan anggaran baru turun minggu ini atau minggu kedua bulan Oktober. Meski demikian Hanafi memastikan akhir bulan ini APK untuk peserta pemilu sudah bisa di distribusikan.

Sejauh ini menurut Hanafi pihaknya belum melakukan penghitungan anggaran yang dibutuhkan. Sehingga belum bisa dipastikan pengadaan APK tersebut dilakukan melalui proses lelang atau penunjukan langsung. Jika anggaran yang dibutuhkan lebih dari 200 juta, sesuai ketentuan akan dilakukan melalui proses lelang.

(286 views)