Empat Kabupaten-Kota Belajar Kendalikan Inflasi Ke Jember

Empat kabupaten- kota di bawah Tim Pengendali Inflasi Daerah, TPID Priangan Timur Jawa Barat, belajar pengendalian inflasi ke Kabupaten Jember.
Walikota Banjar Jawa Barat Ade Uus Sukaisih mengaku sengaja belajar ke Jember, karena pengendalian inflasinya meraih penghargaan terbaik di nasional.
Ada beberapa hal lanjut Ade, yang didapatkan setelah berdiskusi panjang dengan TPID Kabupaten Jember. Salah satu poin pentingnya dalam pengendalian inflasi, Jember melibatkan langsung pelaku usaha. Misalkan dalam kegiatan operasi pasar, TPID Jember melibatkan kelompok tani binaan.
Untuk itulah lanjut Ade, ilmu didapatkan itu akan diterapkan di kotanya, sehingga angka inflasi bisa ditekan sekecil mungkin.
Sementara Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jember Ahmad Bunyamin, menyambut baik kedatangan TPID se Priangan Timur Jawa Barat tersebut. Jember harus bangga karena empat kabupaten- kota di Jawa Barat, belajar pengendalian inflasi di Jember.
Ada sebuah terobosan yang dilakukan TPID Jember, yang tidak dilakukan TPID se Pariangan Timur, yakni Manajemen Resiko Inflasi, MRI. Dengan sistem tersebut, TPID Jember bisa mengambil kebijakan sederhana dan mudah dilakukan, untuk mengendalikan situasi ekonomi daerah.
Dari pantauan di lapangan, usai berdialog langsung dengan TPID Jember, TPID se Pariangan Timur melihat langsung cluster binaan Bank Indonesia.

(316 views)