Pansus Tambang Usir Ketua DPRD Jember Akibat Ketidakhadiran Bupati

Gara-Gara ketidakhadiran bupati dalam rapat kerja bersama Pansus Tambang DPRD Propinsi Jawa Timur, Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni diusir dan dipersilahkan pulang dari ruang Pansus. Rapat kerja dilanjutkan bersama Bupati dan Ketua DPRD kabupaten lain, tanpa dihadiri perwakilan dari Jember.

Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni, mengaku sangat malu atas peristiwa ini. Padahal tujuan Pansus Tambang memanggil kabupaten dan kota yang memiliki potensi tambang, untuk mengakomodir kepentingan daerah. Sebab sesuai undang-undang, kewenangan terkait pertambangan tidak lagi menjadi kewenangan kabupaten, tetapi dilimpahkan ke propinsi.

Pansus Tambang lanjut Thoif, menilai tidak ada hasilnya tanpa kehadiran bupati sebagai pemangku kebijakan. Sehingga sesaat setelah rapat kerja dimulai, seluruh anggota Pansus sepakat mempersilahkan Ketua DPRD Jember keluar dari ruangan.

Lebih jauh Thoif menjelaskan, DPRD Jember sejauh ini tidak mendapat konfirmasi dari bupati, terkait ketidakhadirannya dalam rapat kerja bersama Pansus. Dan yang lebih disesalkan, ini sudah ketiga kalinya bupati tidak hadir dalam rapat kerja bersama Pansus Tambang DPRD Propinsi.

(377 views)