Akibat Kurangnya Pemberdayaan Banyak Kelompok Pembuat Pupuk Organik Di Jember Gulung Tikar

Ketua Komisi B DPRD Jember, Bukri, menyayangkan dibelinya pupuk organik dari luar Jember, oleh Dinas Pertanian. Padahal Jember memiliki banyak pembuat pupuk organik yang berkualitas.
Berdasarkan informasi yang diterima Komisi B, saat ini banyak kelompok pembuat pupuk organik di Jember gulung tikar. Matinya kelompok pembuat pupuk organik ini menurut Bukri, karena Dinas Pertanian tidak membantu memberdayakan mereka.
Seharusnya Dinas Pertanian tidak perlu membeli pupuk organik dari Jawa Tengah, untuk memenuhi kebutuhan petani di Jember. Mereka bisa membeli pupuk organik produksi asli Jember, yang kemudian di distribusikan kepada para petani.
Lebih jauh Bukri menjelaskan, dalam waktu dekat Komisi B akan memanggil Dinas Pertanian, untuk meminta klarifikasi. Bukan hanya terkait pemberdayaan kelompok pembuat pupuk organik di Jember, tetapi juga terkait terjadinya penurunan produksi gabah yang signifikan.
Sementara Kepala Dinas Pertanian Jember Hari Wijayadi, hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi. Ketika dihubungi telfon selularnya sedang tidak aktif.

(377 views)