Bupati Jember Diminta Segera Keluarkan Perbup Perlindungan Lahan Produktif

Bupati jember diminta segera membuat peraturan bupati, terkait perlindungan lahan produktif pangan berkelanjutan. Permintaan itu disampaikan koordinator LSM SD Inpres Bambang Teguh Karyanto.
Menurut Bambang,saat ini konversi atau peralihan lahan produktif menjadi lahan industri di jember, terjadi dalam jumlah besar, dan cukup mengkawatirkan.
Kondisi tersebut lanjut Bambang, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Harus ada intervensi dari pemerintah daerah, dalam bentuk peraturan baik peraturan daerah maupun bupati.
Memang kata Bambang, saat ini sudah ditetapkan luas lahan produktif dalam Perda Rencana Tata Ruang Dan Wilayah. Namun jika tidak ditindaklanjuti dalam peraturan teknis dibawahnya, dikawatirkan tetap akan terjadi konversi lahan.
Untuk itulah Bambang berharap, agar Pemkab segera menyusun Perbup terkait perlindungan lahan produktif itu. Jika menunggu peraturan daerah, dikawatirkan akan terlalu lama .
Sebelumnya kepala BAPPEKAB Jember Edi Budi Susilo menyatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun RAPERDA tentang perlindungan lahan produktif tersebut. Hadirnya RAPERDA tersebut diharapkan mampu melindungi keberadaan lahan produktif di jember.

WIN

(345 views)