DPRD Rekomendasikan Penghentian Sementara Pembangunan Jember Icon.

DPRD Jember rekomendasikan penghentian pembangunan Jember icon, hingga seluruh rekomendasi Dinas Perhubungan terkait analisa dampak lalu lintas dipenuhi oleh pengembang. demikian kesimpulan hasil hearing DPRD Jember bersama instansi terkait, menyikapi keluhan yang masuk dari Indonesia Crisis Center Kamis siang.

Kepala Dinas Perhubungan Jember isman sutomo mengatakan, dengan berdasarkan berbagai pertimbangan dari Mabes Polri dan juga Polda Jatim, tanggal 9 Maret 2014 dirinya sudah mengeluarkan 14 rekomendasi terkait AMDAL Lalin, yang harus dipenuhi oleh pengembang Jember icon.

Namun jika kemudian hingga saat ini 14 rekomendasi Dishub tersebut belum dipenuhi oleh pengembang, dirinya tidak bisa berbuat banyak. Sebab kewenangan menghentikan ataupun mengijinkan pembangunan Jember icon bukan tupoksi Dinas Perhubungan.

Hal senada disampaikan kasat lantas polres Jember AKP Nopta Histaris Suzan. Menurut Nopta, pengembang Jember icon kurang memperhatikan keselamatan pengguna jalan. padahal dari arah lampu merah Argopuro, kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

Harusnya lanjut Nopta, pemkab atau para pihak terkait, memperingatkan pengembang Jember icon untuk mengubah master plan pembangunannya, dengan mempertimbangkan perkembangan arus lalu lintas 10 hingga 20 tahun kedepan.

Setelah mendengar masukan dari seluruh stake holder terkait, wakil ketua DPRD Jember Ayub Junaedi merekomendasikan, agar pembangunan Jember icon dihentikan sementara, sampai pengembang memenuhi 14 rekomendasi Dinas Perhubungan terkait AMDAL Lalin.

Sebelumnya lembaga swadaya masyarakat Indonesia crisis centre, berkirim surat ke DPRD Jember. dalam suratnya tersebbut ICC menyoroti dugaan pelanggaran yang dilakukan pengembang Jember icon, yang diperkirakan akan berdampak negatif terhadap lalu lintas di jalan Gajah Mada.

Sigit

(590 views)