Disperindag Akan Standarisasi Produk Lokal Jember

Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Pemkab Jember, akan melakukan proses sertifikasi serta standarisasi produk lokal unggulan, agar bisa diterima di pasaran.
Kepala Disperindag dan ESDM Pemkab Jember Ahmad Sudiono mengatakan, banyak produk lokal unggulan Jember, yang sangat layak dijual ke pasar. Bahkan beberapa diantaranya sudah mampu menembus pasar luar negeri.
Saat ini lanjut Ahmad, pihaknya terus melakukan standarisasi untuk produk lokal Jember, khususnya untuk kualitas dan kemasan. Sebab produk unggulan yang berkualitas, harus diikuti dengan kemasan yang bagus.
Sehingga kata Ahmad, begitu produk tersebut dijual di pasar, bisa diterima dengan baik. Apalagi menjelang pemberlakukan kawasan Masyarakat Ekonomi Asean, harus ada peningkatan kualitas dan kemasan.
Diberitakan sebelumnya, Pemkab Jember menggagas sinergi antar daerah, khususnya di lima kabupaten kota, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi, untuk menggunakan produk- produk lokal.
Sinergi tersebut akan diwujudkan dalam bentuk kerjasama daerah, dimana pemerintah harus menggunakan produk lokal dari lima kabupaten kota.

(392 views)