Budayawan Unej Profesor Ayu Sutarto Tutup Usia

Budayawan Universitas Jember Profesor Ayu Sutarto, Selasa pagi sekitar pukul 7 pagi, tutup usia. Ayu Sutarto sempat dirawat di Rumah Sakit Jember Klinik, kurang lebih dua bulan lamanya.
Ayu Sutarto selama ini dikenal sebagai sosok yang ramah, dan peduli terhadap pendidikan anak kecil. Hal itu dibuktikan dengan yayasan untuk si kecil, USK, di pinggir kali bedadung.
Banyak masyarakat yang merasa kehilangan, dengan sosok Ayu Sutarto. Seperti diungkapkan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jember Ayub Junaidi. Di mata Ayub, Ayu Sutarto adalah sosok yang sangat peduli, terhadap pelestarian kebudayaan lokal.
Tidak hanya itu saja, Ayu Sutarto kata Ayub, juga sangat dekat warga Nahdliyin. Bahkan beberapa buku yang ditulis Guru Besar Fakultas Sastra Unej itu, pemikiran tentang almarhum KH Muchit Muzadi, tentang NU dan Indonesia.
Dari informasi yang berhasil dihimpun, Almarhum Ayu Sutarto akan dimakamkan di Jalan Sumatera Jember. Ayu Sutarto lahir di Pacitan tanggal 21 September 1949. Banyak karya yang telah ditulis oleh Ayu Sutarto, selama masa hidupnya.

(506 views)