Anggota DPRD Jember Minta Bupati Perbaiki Tata Kelola Perikanan Dan Kelautan

Anggota DPRD Jember asal Puger, Isa Mahdi, minta bupati dan wakil bupati serius melakukan penataan tata kelola kelautan di Kabupaten Jember, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Isa melihat selama ini banyak fasilitas kelautan di Jember, yang tidak termanfaatkan dengan baik.
Isa mencontohkan Tempat Pelelangan Ikan di Puger, yang sama sekali tidak difungsikan. Bahkan setiap harinya tidak pernah ada proses lelang ikan di pantai Puger. Padahal untuk membuat Tempat Pelelangan Ikan, pemkab mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit.
Untuk itu bupati dan wakil bupati harus bisa mendorong Dinas Perikanan dan Kelautan, untuk mencari formula terbaik yang bisa diterima dan dilaksanakan oleh nelayan. Jika tidak mampu, sudah selayaknya bupati melakukan evaluasi terhadap kinerja Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan. Apalagi evaluasi dan mutasi merupakan hal yang wajar terjadi di lingkungan Pegawai Negeri Sipil.
Ketika disinggung kemungkinan dibentuknya BUMD Kelautan, Isa berpendapat masih terlalu jauh dan belum perlu dilakukan. Yang terpenting menurut Isa, bupati dan wakil bupati mampu membuat formula khusus, yang dapat menguntungkan nelayan sekaligus meningkatkan pendapatan daerah.

(518 views)