Kesadaran Masyarakat untuk Mengimunisasi Anak Turun

YUMARLIS

Dinas Kesehatan Jember tengah mempersiapkan validasi data menjelang pekan imunisasi nasional. Pasalnya, ada beberapa kasus penyakit berbahaya yang baru-baru ini muncul kembali, seperti disentri, polio, TBC, campak dan hepatitis. Padahal Dinas Kesehatan  sudah berupaya melakukan antisipasi dengan menggelar imunisasi rutin.

Kepala Humas Dinas Kesehatan Jember, Yumarlis, sangat menyayangkan turunnya antusiasme masyarakat untuk melakukan imunisasi. Memasuki era reformasi, dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan mudah, justru masyarakat enggan membawa putra-putrinya ke posyandu atau puskesmas untuk melakukan imunisasi, padahal kata Yumarlis, imunisasi adalah hak dasar anak yang harus dipenuhi oleh orang tua, padahal keenganan orang tua melakukan imuninasi bisa merugikan anak.

Kedepannya, kata yumarlis, balita usia 0 sampai 59 bulan bisa mendapatkan imunisasi di pusat layanan kesehatan. Dinas Kesehatan terus melakukan sosialisasi di wilayah pedasaan tentang manfaat imunisasi. (Hana)

(490 views)