FISIP UNEJ Bentuk Pusat Studi Pertahanan Nasional dan Transnasionalisme

SALMAN ALFARISI

Jember Hari Ini – Untuk menjaga pertahanan negara dan transnasionalisme, jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Jember menggelar penandatanganan nota kesepakatan bersama Kementerian Luar Negeri untuk pembuatan Pusat Studi Pertahanan Nasional dan Transnasionalisme, Senin siang.

Menurut Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kemenlu, Salman Alfarisi, banyak sekali kejadian yang mengganggu pertahanan negara. Pelanggaran harus dicegah, agar tidak selalu terulang. Salman mencontohkan, klaim negara tetangga meliputi luas wilayah, budaya negara, dan melewati perbatasan negara tanpa izin merupakan gangguan yang sering terjadi. Pusat studi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi berupa rekomendasi yang akan dibahas untuk dijadikan acuan kebijakan pemerintah.

Sementara Rektor Universitas Jember, Mohammad Hasan, mengatakan, dosen dan mahasiswa Hubungan Internasional harus sering melakukan diskusi isu-isu transionalisme. Selain untuk menambah pengetahuan, forum diskusi semacam ini bisa digunakan untuk mengimplementasikan ilmu yang selama ini di dapat di bangku kuliah. (Fian)

(461 views)