Rekanan Proyek Jembatan Balung Diminta Segera Serahkan Hasil Uji Lab

Jember Hari Ini – Pemberhentian sementara proyek pembangunan jembatan Desa Balung Lor Balung menyulitkan akses perekonomian masyarakat. Sebab, jembatan itu merupakan akses utama bagi masyarakat menuju Desa Karang Duren Balung.

Ketua Komisi C DPRD Jember, Siswono, sebenarnya berharap persoalan pembangunan jembatan itu segera selesai. Namun hasil uji laboratorium dari ITS yang ditunggu-tunggu hingga saat ini belum juga turun. Padahal, menurut politisi Partai Gerindra itu, hasil laboratorium itu sangat dibutuhkan agar jelas persoalannya. Terutama terkait kualitas besi dan beton yang dipakai rekanan, apakah sudah sesuai perencanaan atau tidak. Komisi C berharap rekanan pelaksana proyek segera menyampaikan hasil uji laboratoriumnya. Sehingga bisa segera diputuskan, proyek tersebut bisa dilanjutkan atau dihentikan.

Berdasarkan kajian Komisi C DPRD Jember, besi dan beton yang dipakai rekanan untuk pembangunan jembatan belum Standar Nasional Indonesia (SNI). Bahkan, ukuran besi yang dipakai juga tidak sesuai perencanaan. Namun Dinas PU Bina Marga Kabupaten Jember justru menilai seluruh besi dan beton yang digunakan untuk pembangunan jembatan sudah sesuai perencanaan sehingga sudah layak untuk dilanjutkan. (Fathul)

(492 views)