Dana Desa dari APBD Jember Lebih Besar daripada APBN

Jember Hari Ini – Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember, ternyata jauh lebih besar daripada yang dialokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) .

Penjabat Bupati Jember, Supaad, menerangkan, di jumlah total dana desa di Kabupaten Jember, baik yang bersumber dari APBD Jember maupun APBN, mencapai Rp 260 miliar. Menurut Supaad, dana ADD dari APBD Jember total mencapai Rp 190 miliar. Sedangkan ADD dari APBN hanya Rp 70 miliar. Peningkatan dana ADD yang bersumber dari APBD Jember tersebut, lanjut Supaad, terjadi sejak Kabupaten Jember dipimpin MZA Djalal-Kusen Andalas. Besarnya dana desa itu menurut Supaad, menunjukkan adanya pemerataan pembangunan di tingkat desa, baik pembangunan infrastruktur jalan, maupun peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Untuk itu, penilaian tentang Perda Desa hanya untuk mengamankan dana desa dari Pemerintah Pusat, sama sekali tidak benar. Sebab, sebelum Pemerintah Pusat mengalokasikan dana untuk desa, Pemerintah Kabupaten Jember sudah melakukan hal itu. (Winarno)

(421 views)