Kekuatan APBD Jember Tahun 2016 Capai Rp 3,4 Triliun

Jember Hari Ini – Nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember tahun 2016 mendatang, dipastikan akan bertambah dari APBD tahun 2015 lalu. Dari Kebijakan Umum Anggaran yang telah masuk ke DPRD Jember, APBD tahun 2016 mencapai Rp 3,4 triliun.

Menurut Wakil Ketua DPRD Jember, Ayub Junaidi, jika dibandingkan dengan APBD tahun lalu, terjadi kenaikan sekitar Rp 300 miliar. Peningkatan tersebut terdapat pada dana perimbangan dari pemerintah pusat sebesar Rp 2,1 triliun. Pendapatan besar juga terdapat pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mencapai Rp 480 miliar. Sedangkan sisanya berasal dari pendapatan yang sah sesuai perundang- undangan. Untuk program prioritas di tahun 2016 tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perekomian dan pertanian.

Lebih lanjut Ayub menjelaskan, hari ini Tim Anggaran Pemkab bersama Badan Anggaran DPRD Jember melakukan sinkronisasi terhadap Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS). (Winarno)

(716 views)