Dua Tempat Karaoke di Jalan Gajah Mada Belum Memenuhi Standar Keamanan

Jember Hari Ini – Hampir semua tempat hiburan malam di Jember belum memenuhi standar keamanan. Demikian hasil sidak Polres Jember bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Jember di dua tempat karaoke yang berada di Jalan Gajah Mada Jember, Senin siang.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Sandi Suwardi Hasan, dalam sidak dua tempat karaoke di Jalan Gajah Mada, ditemukan banyak kekurangan. Diantaranya alat pemadam kebakaran yang tidak sempurna, belum memliki sensor kebarakan, tidak ada alat pengukur suhu udara, bahkan masih belum ada jalur evakuasi jika terjadi kebakaran. Karena itu, pihak pengelola hiburan harus bisa memenuhi kekurangan tersebut agar kejadian kebararan tempat hiburan seperti yang terjadi di Manado tidak terjadi di Jember. Pihaknya, lanjut Sandi, akan segerta mengirim surat kepada pengelola tempat hiburan agar segera memenuhi standar keamanan sesuai dengan cek list temuan petugasnya di lapangan.

Sementara Kabag Ops Polres Jember, Kompol Kusen Hidayat, menjelaskan, pengelola hiburan harus mengutamakan keselamatan pengunjung. Karena itu, pengelola hiburan harus dilatih menangani kejadian darurat. Mereka harus memiliki SOP yang jelas terkait keselamatan pengunjung. (Hafit)

(377 views)