Pemprov Jawa Timur Siapkan Beasiswa Bagi Santri Penghafal Al-Qur’an

Jember Hari Ini – Pemprov Jawa Timur akan memberikan beasiswa bagi santri berprestasi yang mampu menghafal al-qur’an. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, usai membuka acara Nuris Got Talent di Pondok Pesantren Nuris Antirogo, Sabtu pagi.

Menurut Gus Ipul, sejak dirinya bersama Sukarwo dipercaya memimpin Jawa Timur, banyak program yang telah diberikan kepada pondok pesantren. Salah satunya beasiswa bagi guru Madrasah Diniyah untuk melanjutkankan studi di perguruan tinggi. Khusus untuk beasiswa bagi santri, Pemprov bersama DPRD Provinsi Jawa Timur akan menyiapkannya di tahun anggaran 2016 mendatang. Saat ini, lanjut Gus Ipul, Pemprov masih menghitung berapa kemampuan APBD provinsi yang bisa dialokasikan untuk beasiswa santri penghafal al-qur’an tersebut.

Secara pribadi Gus Ipul juga mengapresiasi keputusan presiden yang menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Sebab, jika dilihat dari sejarah kemerdekaan bangsa, santri memiliki peran sangat besar dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan melalui resolusi jihad. (Win)

(517 views)