Lima Kecamatan Berpotensi Alami Kekeringan

Jember Hari Ini – Memasuki bulan kemarau, lima kecamatan di Kabupaten Jember berpotensi alami kekeringan. Demikian disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo.

Kepada sejumlah wartawan, Heru menjelaskan, lima kecamatan itu diantaranya Arjasa, Patrang, Silo, Jelbuk, dan Bangsalsari. Dari lima kecamatan tersebut, terdapat lima desa yang paling berpotensi mengalami kekeringan. Sejauh ini, lanjut Heru, belum ada laporan yang masuk kepada BPBD, daerah mana saja yang sudah mengalami krisis air bersih. Sehingga belum bisa dipastikan, berapa jumlah kebutuhan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan warga di lima kecamatan tersebut.

Heru berharap kepada kepala desa dan lurah di wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan, segera memberikan laporan jika sewaktu-waktu membutuhkan air bersih. Sebab, yang lebih paham mengenai kondisi di bawah adalah pemerintah desa dan kelurahan.

Saat ini, lanjut Heru, BPBD Jember telah menyiapkan langkah antisipasi dengan berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan menyiapkan tandon air bersih. (Win)

(500 views)