Aktivitas Gunung Raung Kamis Pagi Kembali Meningkat

Jember Hari Ini – Setelah beberapa hari terakhir sempat ada penurunan aktivitas, namun hari ini kembali terjadi sedikit peningkatan energi Gunung Raung dibanding sebelumnya.

Data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) yang diupload Pusdalop BPBD Jember setiap 6 jam, Kamis 30 Juli 2015 dari pukul 6 pagi hingga 12 siang, secara visual cuaca terang, angin tenang, suhu udara 26 derajat celcius dan situasi Gunung Raung tertutup kabut. Sedang data seismik tremor vulkanik menunjukkan terjadinya letusan menerus, sehingga status Gunung Raung masih Siaga.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo, BPPD terus melakukan upaya untuk melindungi masyarakat dari dampak erupsi Gunung Raung. Pihaknya bekerjasama dengan Perhutani setempat, untuk melatih masyarakat melakukan diteksi dini kebencanaan. Diantaranya, deteksi gas beracun jika terjadi bencana erupsi Raung, serta menentukan arah angin. Deteksi dini gas beracun cukup sederhana, bisa dilakukan dengan menggunakan lampu badai atau lampu ting yang diletakkan dalam jarak 100 meter. Jika lampu tersebut mati secara keseluruhan, berarti ada gas beracun. Dalam kondisi demikian, maka masyarakat tanpa komando harus sudah menghindari kawasan itu.

Heru juga menghimbau masyarakat terutama yang tinggal di kaki Gunung Raung, terus meningkatkan kewaspaannya. Tidak perlu terlalu panik, serta selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa dan relawan setempat. BPBD akan terus memberikan informasi terkini setiap perkembangan Gunung Raung melalu Prosalina FM Jember. (Hafit)

(516 views)