PN Jember Tangguhkan Sengketa Perburuhan yang Libatkan Perusahaan Plastik

Jember Hari Ini – Sidang pembacaan putusan sela kasus perburuhan dengan terdakwa CO, bos perusahaan plastik Gebang Jaya, berjalan ricuh. Buruh tidak terima dengan putusan majelis hakim yang memutuskan penangguhan pemeriksaan perkara tersebut.

Ketua Majelis Hakim, Nur Kholis, dalam putusannya menyatakan menerima eksepsi kuasa hukum terdakwa, Ruly S Titahelue, dan menyatakan surat dakwaan jaksa penuntut batal demi hukum. Majelis Hakim menangguhkan kasus ini menunggu proses Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Kuasa hulum terdakwa CO, Ruly S Titahelue, menyatakan sejak awal dirinya menyarankan para buruh bersabar. Sebab, tidak bisa dipaksakan harus memberikan upah sesuai UMK, karena memang kondisi perusahaan belum mampu.

Sementara koordinator buruh, Kholifah, menyatakan kekecewaannya atas putusan Majelis Hakim. Ia mendorong Jaksa Penuntut Umum melakukan upaya banding. Sebab, ada kasus serupa yang terjadi di Banyuwangi dan Surabaya, oleh Majelis Hakim divonis bersalah. Namun putusan di Pengadilan Negeri Jember berbeda. Atas putusan ini Jaksa Penuntut Umum, Tendik Wicaksono, menyatakan masih akan melaporkannya ke Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jember. (Hafit)

(354 views)