Komunitas Difabel Minta KPU Fasilitasi Saat Pemilu

Jember Hari Ini – Sejumlah perwakilan masyarakat disabilitas, Selasa siang mendatangi kantor KPU Kabupaten Jember. Mereka meminta KPU menyediakan alat bantu untuk penyandang difabel saat pelaksanaan pemilu mendatang.

Ketua Persatuan Penyandang Difabel Jember, Muhammad Zainuri, mengatakan, berdasarkan pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya, belum ada keberpihakan nyata kepada penyandang difabel. Akibatnya, banyak penyandang difabel yang tidak bisa menyalurkan hak pilihnya. Untuk itulah, saat proses pendataan pemilih yang saat ini sedang berjalan, KPU harus menyediakan form khusus bagi penyandang difabel. Sehingga nantinya akan diketahui berapa jumlah penyandang difabel, dan dimana mereka akan menyalurkan hak pilihnya. Dengan demikian, KPU bisa mencetak dan menyebarkan logistik pemilu sesuai dengan data tersebut.

Sementara Komisioner KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi, mengaku siap untuk memenuhi kebutuhan penyandang difabel tersebut. Untuk itu dalam proses pemutakhiran pemilih yang saat ini sedang berjalan, akan disediakan form khusus bagi penyandang difabel. (Win)

(448 views)