Jasa Penukaran Uang Baru di Jalanan dengan Laba 10 Persen Mulai Bermunculan

Jember Hari Ini – Mi’un salah seorang warga Jember, memanfaatkan penukaran uang pecahan baru di Jalan Gajahmada Kaliwates dengan mengambil keuntungan 10 persen.

Setiap hari ia melayani penukaran uang baru pecahan Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu sekitar 4 juta rupiah kepada pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut. Mi’un mengaku mendapatkan uang baru itu dari saudaranya asal Surabaya dengan sistem bagi hasil, 5 persen untuk dirinya, dan 5 persen lagi untuk saudaranya.

Deputi kepala perwakilan Bank Indonesia Jember, Lukman Hakim, menyatakan tidak ada larangan bagi warga yang melayani penukaran uang baru tersebut. Lukman mengaku tidak tahu dari mana uang baru itu didapatkan, karena Bank Indonesia sudah membatasi penukaran uang baru. Bank Indonesia hanya bisa menghimbau agar masyarakat menukarkan uangnya ke bank yang terjamin keasliannya, tanpa pungutan biaya apapun dan aman dari kejahatan.

Pantauan wartawan di Jalan Gajahmada, Mi’un menjajakan jasanya dengan membawa poster bertuliskan “Jasa Tukar Uang Baru Buat Lebaran”. (Fathul)

(493 views)