Komisi C Curigai Banyaknya Perusahaan Gunakan Karcis Parkir Ilegal

Jember Hari Ini – Komisi C DPRD Jember mencurigai banyaknya perusahaan di Jember menggunakan karcis parkir khusus kendaraan ilegal, tanpa porvorasi dari Dinas Pendapatan Daerah. Fakta tersebut ditemukan saat Komisi C melakukan inspeksi mendadak ke beberapa pertokoan besar di kota Jember.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jember, Anang Murwanto, menyebutkan, ada beberapa perusahaan yang memberlakukan tarif parkir, namun tidak semua karcis yang dibuatnya dimintakan porvorasi atau plong sebagaimana mestinya. Akibatnya, menurut politisi Partai Demokrat itu, setoran pajak yang harus disetorkan perusahaan kepada Dinas Pendapatan Daerah tidak sesuai ketentuan. Padahal, perusahaan yang memberlakukan karcis parkir kendaraan seharusnya menyetor pajak kepada Pemkab minimal 20 persen dari pendapatan parkir tersebut.

Komisi C DPRD Jember akan menindaklanjuti temuan tersebut, agar pendapatan sektor pajak lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan ketentuan Peraturan Daerah, perusahaan yang menggratiskan parkir diwajibkan menyetor pajak 10 persen. (Fathul)

(464 views)