Perbandingan Jumlah Polisi di Jember Jauh dari Ideal

Jember Hari Ini – Perbandingan satu orang polisi di Jember bertanggung jawab terhadap 2 ribu 300 orang penduduk sudah tidak ideal lagi untuk sistem keamanan. Dengan jumlah penduduk Jember mencapai 2,8 juta jiwa, jumlah personil polri tidak lebih dari seribu 200 orang.

Demikian pernyataan Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, terkait rencana peningkatan status, Polres Jember menjadi Polrestabes pada rentang waktu 2 tahun mendatang. Menurut Sabilul, dengan jumlah penduduk 2 juta lebih, jumlah polisi yang ideal harusnya sebanyak 2 ribu 500 personil. Sehingga tanggung jawab polisi dalam pelayanan dan pengamanan masyarakat bisa lebih optimal. Salah satu syarat untuk bisa menambah personil, status Polres Jember harus naik seperti kota-kota besar lainnya, disertai dengan peningkatan sarana dan prasarana penunjangnya.

Diberitakan sebelumnya, Polres Jember menyiapkan lokasi kantor satlantas di Sumbersari untuk disulap menjadi markas Polrestabes, karena luasnya dinilai cukup memadai untuk sarana dan prasarana kepolisian. Nantinya, semua layanan kepolisian dan penanganan perkara akan terpusat menjadi satu tempat, termasuk asrama anggota Sabhara. (Fathul)

(595 views)