FKB Berharap Bupati Turun Tangan Terkait Nasib Petani Tembakau

Jember Hari Ini – Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPRD Jember berharap Bupati Jember MZA Djalal segera turun tangan terkait nasib petani tembakau Jember yang semakin terpuruk.

Menurut Ketua FKB DPRD Jember, Mohammad Hafidzi, saat ini eksportir serta perusahaan rokok melakukan penanaman sendiri dengan skala besar, tanpa ada pantauan dari Pemkab Jember. Lebih aneh lagi, kata dia, justru Pemkab Jember dalam hal ini dinas terkait sama sekali tidak memiliki data berapa luas lahan milik petani yang disewa oleh perusahaan maupun eksportir. Dengan kondisi ini, tembakau milik petani tidak akan terjual karena perusahaan dan eksportir telah memiliki bahan sendiri dengan kualitas sesuai standar yang telah mereka tentukan. Untuk itu, Hafidzi berharap kepada Bupati untuk segera turun tangan mengenai persoalan itu.

Sebelumnya, Kepala Dishutbun Jember, Masykur, mengaku sama sekali tidak memiliki data berapa luas lahan sewa tembakau milik perusahaan. Sebab, selama ini Dishutbun tidak pernah mendapatkan laporan dari perusahaan. (Win)

(409 views)