Sebulan Buron, Pelaku Spesialis Pencurian dalam Bus Ditangkap

Jember Hari Ini – Pelarian tersangka spesialis pencurian dalam bus berinisial HR, warga Dusun Ajung Kulon Desa Ajung Kecamatan Ajung berakhir. Selasa (23/6/2015) malam, HR dibekuk Tim Resmob Polres Jember di rumahnya, setelah lebih satu bulan menghilang.

Menurut Kepala Urusan Pembinan dan Operasi Reskrim Polres Jember, Iptu Prayitno, terungkapnya kasus tersebut menyusul kasus pencurian laptop milik Dodik Tri Wahyudi warga Baratan Kecamatan Patrang, saat naik bus jurusan Jember-Denpasar Mei lalu. Berdasarkan laporan itu dan pemeriksaan sejumlah saksi, polisi berhasil mengidentifikasi pelaku yang berasal dari Desa Ajung. Namun, ketika akan ditangkap yang bersangkutan kabur. Selasa malam Tim Resmob mendapatkan informasi yang bersangkutan pulang ke rumahnya dan langsung dilakukan penangkapan.

Prayitno menjelaskan, modus pencurian dalam bus dilakukan dengan menyaru sebagai penumpang bus sambil memperhatikan penumpang yang sedang tidur atau lengah. Begitu mendapati penumpang tertidur atau lengah, yang bersangkutan langsung beraksi mengambil barang-barang berharga milik korbannya.

Dari hasil penyidikan sementara, HR mengaku sudah 12 kali melakukan aksinya mencopet dalam bus selama 6 bulan terakhir. (Hafit)

(351 views)