Lebih dari Separuh Maba IAIN Jember Dinyatakan Gugur

Jember Hari Ini – Lebih dari separuh calon mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang dinyatakan lolos seleksi melalui jalur seleksi prestasi akademik nasional tidak melakukan registrasi ulang.

Menurut Rektor IAIN Jember, Babun Suharto, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Seleksi Prestasi Akademi Nasional (SPAN) berjumlah 5.500 orang, dan yang dinyatakan lolos hanya 1.400 orang lebih. Namun, menurut Babun, hingga batas akhir ternyata yang melakukan registrasi ulang hanya 665 orang. Itu artinya, lanjut Babun, lebih dari separuh mahasiswa baru melalui jalur SPAN dinyatakan gugur. Meski demikian, untuk mengisi kekurangan kuota mahasiswa baru, IAIN Jember masih akan melakukan seleksi melalui jalur berikutnya.

Dalam mekanisme penerimaan mahasiswa baru IAIN, terdapat 4 macam seleksi. Diantaranya jalur Ujian Masuk Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, dimana pendaftarnya berjumlah 1.882 orang. Kemudian seleksi lokal prestasi sebanyak 100 orang, dan ujian mandiri lokal yang masih berlangsung. (Fathul)

(548 views)