Dinsos Himbau Masyarakat Tidak Berikan Sedekah kepada Gepeng

Jember Hari Ini – Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember, Heru Sunarso, menyerukan kepada masyarakat agar tidak memberi sedekah atau uang untuk gelandangan dan pengemis (gepeng) yang beroperasi di jalanan.

Seruan itu disampaikan Heru Sunarso, karena biasanya selama bulan suci ramadhan hingga idul fitri, jumlah gelandangan dan pengemis semakin bertambah. Seperti sebelumnya, gepeng yang banyak beroperasi di Jember merupakan warga pendatang dari daerah lain yang sengaja dikirim ke Jember. Jika masyarakat mengetahui ada gepeng di jalanan, hendaknya mengingatkan dengan cara tidak memberi apapun atau langsung memberitahukan kepada aparat terkait. Dinas Sosial Pemkab Jember sudah bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan kepolisian, untuk menertibakan gelandangan dan pengemis yang mengganggu lalu lintas dan meresahkan masyarakat.

Menurut Heru, memberi sedekah atau uang kepada gepeng di jalan justru mengganggu pengguna jalan lainnya. Lebih baik berbuat baik selama ramadhan ini dengan memberikan sedekah kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, bukan yang ada di jalanan. (Fathul)

(633 views)