Audiotorial “Ramadhan”

Ribuan botol minuman keras, ratusan knalpot brong, puluhan ribu butir obat terlarang dan sejumlah barang haram alias narkoba, dimusnahkan di halaman Mapolres Jember. Seluruh barang yang dimusnahkan itu hasil operasi cipta kondisi menjelang bulan puasa.

Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, mengatakan, apa yang dilakukan polisi adalah memberikan suasana kebatinan yang kondusif bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Pada waktu yang sama, Kapolres juga meminta masyarakat berperan serta menciptakan kamtibmas.

Puasa adalah ibadah penyucian jiwa, tazkiatun nafs. Secara sederhana ibadah puasa bisa dibilang sebagai proses spiritual menuju manusia muslim yang lebih berkualitas. Seluruh indera, mulut, mata, telinga, kaki, dan tangan mesti dijaga dan terjaga.

Itu kira-kira sebabnya mengapa aparat keamanan berupaya maksimal menciptakan kondisi dan suasana kebatinan yang mendukung pelaksanaan ibadah puasa secara khusuk. Sebelumnya, Polres Jember juga memfasilitasi tercapainya kesepahaman bersama antar elemen masyarakat dalam menyambut bulan puasa. Tujuannya, bisa ditebak, adalah agar umat Islam bisa menyediakan ruang yang lebih luas dan kesempatan yang lebih banyak untuk mengisi kegiatan sehari-hari dengan aktivitas berdimensi ibadah. Jauh dan bebas dari rasa was-was. Was-was terhadap kemungkinan munculnya keresahan, gesekan, dan segala bentuk kemungkinan yang berpotensi mengusik kekhusyukan pelaksanaan ibadah puasa.

Sekali lagi, puasa adalah perjalanan dan laku spiritual menuju peningkatan kualitas manusia muslim. Manusia muslim yang menerangi dan mencerahkan lingkungan di sekelilingnya. Sosok muslim yang menerangi sekelilingnya dengan kedamaian, kekhusyukan dan kehikmatan. Nah, Selamat menjalankan ibadah puasa.

(Aga)

(439 views)