Komisi D Setujui Anggaran Rp 900 Juta untuk Pendataan Warga Miskin

Jember Hari Ini – Komisi D DPRD Jember menyetujui alokasi anggaran sebesar Rp 900 juta yang diusulkan Dinas Sosial untuk program pendataan ulang masyarakat miskin di Jember.

Anggota Komisi D DPRD Jember, Mufti Ali, menjelaskan, saat ini Kementerian Sosial sedang melakukan pendataan secara nasional berapa jumlah masyarakat miskin di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jember.

Menurut Mufti, dengan anggaran sebesar Rp 900 juta tersebut, diharapkan pendataan masyarakat miskin di Jember bisa lebih valid sehingga tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak tercover dalam program perlindungan sosial dari pemerintah. Sebab, hasil pendataan dari Kementerian Sosial tersebut akan dijadikan rujukan sebagai penentuan sasaran penerima program sosial dari pemerintah, seperti program Jamkesmas, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Indonesia Sehat.

Ke depan Mufti tidak ingin dengan tambahan anggaran pendataan yang cukup besar tersebut, muncul lagi persoalan masyarakat miskin yang tidak tercover dalam program pemerintah. (Win)

(435 views)