Prestasi di Porprov Jeblok, Dewan Minta Pola Pembinaan Atlet yang Jelas

Jember Hari Ini – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember, Ayub Junaidi, meminta seluruh pihak terkait segera duduk bersama untuk melakukan evaluasi atas jebloknya prestasi Kabupaten Jember dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke-5 di Banyuwangi.

Menurut Ayub, saat ini tidak perlu saling menyalahkan atas jebloknya prestasi Jember dalam event Porprov Jawa Timur tersebut. Dengan momentum ini, sebaiknya segera dirumuskan metode pembinaan atlet sejak dini. Yang terjadi lanjut Ayub, di Jember belum ada pemetaan yang jelas untuk pembinaan atlet sejak dini. Justru yang terjadi saling lempar tanggung jawab antara Kantor Pemuda dan Olahraga dengan Dinas Pendidikan.

Ayub menyarankan untuk model pembinaan atlet sejak dini, sebaiknya menjadi ranah Dinas Pendidikan. Sebab, di Dinas Pendikan ada program pembinaan atlet muda seperti porseni. Ketika atlet tersebut sudah siap diterjunkan, maka menjadi tanggung jawab KONI sebagai organisasi induk olahraga prestasi, melanjutkan pembinaan dengan mengikutsertakan dalam training centre.

Dari data yang dihimpun, hingga Rabu (10/6/2015) kemarin Jember menduduki peringkat ke-22 dalam ajang Porprov Jawa Timur di Banyuwangi, dengan perolehan 2 emas, 6 perak dan 3 perunggu. (Win)

(430 views)