Kabupaten Jember Miliki Potensi Batu Akik Beraneka Ragam

Jember Hari Ini – Kabupaten Jember ternyata memiliki potensi beraneka ragam batu akik yang tidak kalah menarik dan bernilai tinggi dibanding batu akik dari luar daerah. Hal itu terlihat saat Festival Pasar Akik Tegal Boto.

Beberapa batu akik khas Jember yang dijual di pasar akik Tegal Boto diantaranya, batu hati ayam bergambar burung kakak tua, dan batu pancawarna Bandealit.

Menurut Ahmadi, salah seorang kolektor batu akik asal Sanenrejo, batu akik khas Jember yang tidak ada di daerah lain adalah batu lumut merah. Selain itu, kata dia, batu akik Jember yang juga ada di daerah lain diantaranya teratai merah, giok Jember, sejenis batu garut, pirus merah, dan lavender. Berbeda dengan batu pancawarna lain yang hanya mempunyai 3 sampai 4 warna, batu pancawarna Jember justru lebih lengkap 5 warna.

Ahmadi menambahkan, khusus untuk batu hati ayam bergambar burung kakak tua, dibandrol harga Rp 20 juta yang transaksinya tidak bisa di lokasi festival, melainkan di sebuah hotel berbintang di Jember.

Lebih lanjut Ahmadi menyatakan, sejumlah batu akik Jember banyak didapatkan oleh warga dan kolektor di kawasan hutan Bandealit Taman Nasional Meru Betiri, Papuma, Puger, dan beberapa daerah lain. (Fathul)

(379 views)